Pemanasan Global (GLOBAL WARMING)

patentmonkeydotcom.jpg

Perubahan Iklim Global atau dalam bahasa inggrisnya GLOBAL CLIMATE CHANGE menjadi pembicaraan hangat di dunia dan hari ini Konferensi Internasional yang membahas tentang hal tersebut sedang diselenggarakan di Nusa Dua Bali mulai tanggal 3 hingga 14 Desember 2007, diikuti oleh delegasi dari lebih dari 100 negara peserta. Salah satu penyebab perubahan iklim adalah Pemanasan Global (Global Warming).

Pemanasan Global adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi. Pemanasan Global disebabkan diantaranya oleh “Greenhouse Effect” atau yang kita kenal dengan EFEK RUMAH KACA. Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.

Istilah efek rumah kaca, diambil dari cara tanam yang digunakan para petani di daerah iklim sedang (negara yang memiliki empat musim). Para petani biasa menanam sayuran atau bunga di dalam rumah kaca untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat. Kenapa menggunakan kaca/bahan yang bening? Karena sifat materinya yang dapat tertembus sinar matahari. Dari sinar yang masuk tersebut, akan dipantulkan kembali oleh benda/permukaan dalam rumah kaca, ketika dipantulkan sinar itu berubah menjadi energi panas yang berupa sinar inframerah, selanjutnya energi panas tersebut terperangkap dalam rumah kaca. Demikian pula halnya salah satu fungsi atmosfer bumi kita seperti rumah kaca tersebut. Sebagai Illustrasi sederhana tentang terjadinya pemanasan Global silahkan KLIK DISINI

Untuk mencegah dan mengurangi emisi gas karbondioksida dan efek rumah kaca mendorong lahirnya PROTOKOL KYOTO. Dinegosiasikan di Kyoto Jepang pada Desember 1997, dibuka untuk penandatanganan 16 Maret 1998 dan ditutup pada 15 Maret 1999. Persetujuan ini mulai berlaku pada tanggal 16 Pebruari 2005, setelah ratifikasi resmi yang dilakukan Rusia pada 18 November 2004.

Hingga 23 Oktober 2007 sudah 179 negara yang meratifikasi PROTOKOL KYOTO tersebut, daftar negara dapat anda lihat DISINI. Ada empat negara yang telah menandatangani namun belum meratifikasi protokol Kyoto tersebut yaitu, Australia (tidak berminat meratifikasi), Monako, Amerika Serikat yang merupakan pengeluar terbesar gas rumah kaca juga tidak berminat untuk meratifikasinya, sisanya Kazakstan. Tetapi setelah baru-baru ini Australia meratifikasinya menjelang konferensi perubahan iklim di Bali, maka tinggal Amerika Serikat sendiri sebagai negara industri besar yang belum meratifikasinya. Negara lain yang belum memberikan reaksi adalah Afghanistan, Andorra, Brunei, Rep. Afrika Tengah, Chad, Komoro Island, Irak, Taiwan, Republik Demokratik Arab Sahrawi, San Marino, Somalia, Tajikistan, Timor Leste, Tonga, Turki, Vatikan, dan Zimbabwe.

Dikutip dari sumber :

MENLH.GO.ID
EFEK RUMAH KACA
PROTOKOL KYOTO
STATUS RATIFIKASI PROTOKOL KYOTO per Oktober 2007

BACA JUGA :
>>>BALI ROADMAP FOR CLIMATE CHANGE

Iklan

124 pemikiran pada “Pemanasan Global (GLOBAL WARMING)

  1. Gimana kang Daeng sekarang Apakah US, Jepang dan Kanada masih mbandel tidak mau menandatangani Bali Roadmap, aneh yaa negara kaya… tingkahnya seperti anak-anak.. 🙂
    ______________________________
    Mas Kurt, Kayaknya semua negara besar sudah menandatangani BALI ROADMAP termasuk USA, tetapi USA dan Australia serta beberapa negara tersebut belum menandatangani protokol Kyoto

  2. sudah saatnya memang kita memulai untuk merevolusi gaya hidup kita yang tidak ramah terhadap lingkungan hidup. Tidak usah menunggu ketiga negara itu untuk menandatangani BALI ROADMAPnya karena itu tidak akan mencegah mereka untuk berbuat senonoh terhadap lingkungan.

  3. Memang kita harus mencegah global warming. Cukup dengan hal-hal yg kecil saja dapat membantu pencegahan global warming. Misal mengurangi pemakaian bahan-bahan yg sulit diuraikan, memisahkan sampah organik dan anoragik, dll. Dengan hal-hal kecil tersebut , kita berarti sudah pembantu pencegahannya

  4. Global Warming sudah sepantasnya terjadi,knp tidak..dengan semakin tidak sterilnya udara yang kita hirup..
    walaupun kita sudah byk menanam pohon dan tanaman2 lainnya namun kalau penyebabnya itu semakin bertambah apa gunanya..
    ya walaupun tidak ada salahnya kita untuk ikut dalam menanggulangi Global Warming tersebut.

  5. @awank
    negara-negara besar selalu memiliki sikap bias yang menyebalkan dalam menyikapi Pemanasan Global ini
    @ASA
    betul, sobat
    @Rhea
    mulai dari diri sendiri

  6. pemanasan global terjadi oleh karna ulah manusia yang tidak berperikemanusiaan seperti amerika setiap harinya lebih banyak mengekuarkan CO2 yang membuat dunia ini terasa panas

  7. sebenarnya salahejabat2 yang biarkan hitan ditebang begitu saja. karena tidak mungkin kegiatan industri dihentikan. seharusnya pemerintah INDONESIA sadar kalau negeri ini paru-paru dunia

  8. Rumah kaca di negara-negara berempat musim harusnya lebih diperhatikan!!!Karena emank dari situ penyebab terbesarnya,,Pemerintah Dunia jangan diem aja ngeliat kenyataan ini!!!Berikan solusi yang terbaik untuk masalah yang gak sepele ini!!!Kalian semwa kan orang-orang yang besar yang terlahir karena kecerdasannya!!!Cayyhoooo….Qt selamatkan bumi tercinta Qt!!!

  9. Ingat 3M dalam mencegah GM. Mulai dari diri sendiri,mulai dari hal kecil dan mulai saat ini juga misalnya dengan menerapkan prinsip dasar pengelolaan sampah 4R (Replace, Reduce, Re-use,Rycycle),penghematan listrik. Bercerminlah pada diri sendiri, sudahkah Anda menjga lingkungan sekitar Anda???

  10. stuju,,,,
    betul banget….
    krna klo bukan kita siapa lagi?????…..

    Ayo dunkzz…
    jgn diem aja,,,
    usaha dari sekarang dan berusaha u/ mncari jalan keluar yg terbaik….

    Jgn senang u/ sekarang aja…
    tapi kita harus memikirkan masa yang akan datang….

    cegah PEMANASAN GLOBAL …..
    dari sekarang,,,,????

    Jgn biarkan bumi,,,,
    Yg tlah membrikan tmpat hidup kpada kita
    kita sakiti,,,,,
    Hingga dia tak berdaya…..
    Namun ingat,,,
    setidaknya masih ada kita semua yang bisa merawat Nya….

  11. bumi memang semakin tua dan manusia semakin serampangan mengelola bumi. kalau kita masih mau tinggal dan hidup nyaman di bumi yang renta ini, mari kita bangkit bersama-sama untuk menyelamatkan bumi dimulai dari lingkungan sekitar kita. jangan sampai kita hanya tinggal diam atau hanya mencela pihak-pihak tertentu. .

  12. Assalammualaikum
    Duch_duch
    BERSEMANGAT!!!
    Ayo dong kita bangkitin rasa kepedulian kita pada bumi, sesama makhluk Allah, dan seisinya. Ayo-Yo-Ayo. Semangat. Jangan cuma enak-enakan doang dong. Kita udah dewasa, nah pemikiran kita juga musti dewasa. Nelangsa deh lo waktu kita cuma habis tuk maen kesana-sini, having fun, going to cinema, keluyuran, nuruti masa puber kita. Peduli_peduli_peduli. Buang dech CUEK N EGO kita. yuk ah, SEMANGAT

  13. hi………. koq sampe segitunya yah!!!
    tapi pas w baca tentang blogger ni w jadi sadar batapa pentingnya hidup di lingkungan bersih ini!!!!

    pokoknya mulai saat ini kita semua haus belajar hidup bersih dan sehat, ok!!!

  14. Selain menanam pohon, hemat energi, dll, sebenarnya yang paling penting dan utama ternyata dampak tebesar dari GW ternyata dari PETERNAKAN…Banyak peneliti yang menyatakan hal itu. So, jangan tunggu lagi, karena dari sepiring daging ternyata kita menggrogoti bumi..
    Ingat teman, bumi kita hanya satu, bila semua methane hidrate meledak, kita tidak bisa kemana-mana lagi…

  15. Selain menanam pohon, hemat energi, dll, sebenarnya yang paling penting dan utama ternyata dampak tebesar dari GW ternyata dari PETERNAKAN…Banyak peneliti yang menyatakan hal itu. So, jangan tunggu lagi,Be Vegetarian, karena dari sepiring daging ternyata kita menggrogoti bumi..
    Ingat teman, bumi kita hanya satu, bila semua methane hidrate meledak, kita tidak bisa kemana-mana lagi…

  16. sebenarnya kita ngak perlu banyak omong,,tapi do it…get health!!!!jangan hanya nyuruh-nyuruh doank tapi mulailah dari diri kita sendiri..yang sederhana aja dulu”jangan buang sampah sembarangan trus kurangi pemakaian pemakaian barang2 yang bisa menimbulkan polusi udara!!!!contohnya…yach lo tau sendirilah!!!!save our earth and be health…

  17. menurut saya qt semua seharus menanam tanaman di rumah qt masing- masing………. Lalu yang paling mudah jgn buang sampah sembarangan and pelihara tanaman yg ada di pinggir jln. Udah tuh cuman segitu masa orang ind gak bisa Negara laen aja bisa kenapa qt ngak?????????

  18. yupzz………..
    bener buanget kita harus semangat memperbaiki kondisi dunia yg sudah renta kita harus mikir gmn khdpan anak cucu kita
    semangat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. save our earth….!!!!

    jangan ampe ky “cinta laura ” yg bilang “globalwarming is cool”..
    yg bener ya.. “globalwarming is hot…!!”

  20. Sekarang kita tahu betapa bahayanya pemanasan global or lebih dikenal dengan global warming,oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga bumi kita ini agar terhindar dari kehancuran.

  21. sebenernya g semua warga dunia melakukan hal2 yang menyebabkan pemanasan global, tapi karna ulah 1, 2, atau 3 pihak lah yang membuat semua merasakan dampak buruk dari pemanasan global. dan lucunya mereka sekarang malah ikut gembar-gembor malawan pemanasan global. ya supaya g ketauan kalo udah ngelakuin salah dan dicap sebagai perusak dunia……..

    huh sekarang puanaszszszsz yach……………..

  22. Beginilah hasil dari olah tangan manusia, bumi akan hancur dengan sendiri oleh akibat dari perbuatan manusia itu sendiri….
    Untuk semua, marilah kita mencegahnya sebelum terlambat.

  23. pemanasan global udah di mana – mana…
    seharusnya kita sebagai makhluk bumi harus tahu dampak negatif nya.
    bukannya malah menutup mata.. apa jadinya anak cucu kita di masa mendatang , bila kita saja tidak memperdulikannya…

  24. terus terang masi bingung…

    mulai dari diri sendiri….—> berapa orang yg punya prinsip begini…??

    vs

    orang orang besar yang jumlahnya buannyakkk….
    orang orang yang berpengaruh dan punya misi pribadi yg mana mikir soal GW, yg penting duit duit duit….
    orang2 miskin pendidikan dan miskin secara materi yg gak mikir beginian, soalnya lebih peduli sama perut mereka dan anak istri mereka…

    so…saya masi bingung namun tetap berusaha memikirkan suatu solusi…yang punya efek masal yang berakibat signifikan….

    susah juga…

    nasib istri dan anak2 anda…

    vs

    nasib dunia….

    vs

    nasib pundi2 uang anda…

    vs

    nasib lapisan ozone…

    jawabnya?

    😉

  25. hallo, kak daeng aku sangat peduli sama pemanasan global, bisa tolong hitungi berapa pot tanaman yang harus ada di setiap rumah biar bisa menggurangi pemanasan global.? thanks ya

  26. Untuk meminimalisasi dampak pemnasan global, sudah seharusnya penggunaan bahan bakar fosil dikurangi dan digantikan dengan bahan bakar alternatif seperti bahan bakar nabati. Penggunaan refigerant yang ramah lingkungan untuk mesin pendingin harus menjadi perhatian bagi semua pemilik rumah atau gedung.

  27. gmn sich upaya pemerintah dalam menanggulangi masalah ada nya pemanasan global ???
    apa tdk ada cara lain agar negara kita ini kembali sejahtera ?????
    ayo dong berikan solusi nya…………………………………………

    tolong di pikir kan dng benar masalah seperti ini .

  28. UUgh… global warming !!!
    apa yang bisa kita lakukan untuk dunia !!
    klo aku udah banget berdoa kepada Tuhan YME,
    Yang pasti Stop Global Warming dari Sekarang!!!!1

  29. HATI HATI !!!
    Terhadap efek rumah kaca karena dapat merusak atmosfer bumi!!
    hentikan segera global warming
    c’mon !!
    save this earth!!!!!!!!
    from Achyar Anshory

  30. Andaiiii….aja kita sedunia mau menanam kembali pepohonan……, ya minimal nanem pohon depan rumah…., trus ya… rumah kaca itu loh….., bisa g sih di kurangin??????!!! Udah saatnya kita untuk menghentikan PEMANASAN GLOBAL!!!! Apa orang sedunia ini g pd sadar klo bumi itu makin lama makin hancur!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  31. STOP GLOBAL WORMING!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    kita, sebagai rakyat INDONESIA,harus perduli terhadap GLOBAL WORMING!because selama kita peduli akan global worming,kita akan terselamatkan dari ancaman dunia yang sanagt mengerikan……….
    jadi,kita harus MENCEGAH terjadinya global worming.
    hokeii TEMAN-TEMANQW^-^
    kita harus SEMANGAT 45……

  32. ini sangat menghawatirkan,jika terjadi terus menerus…………
    apalagi untuk anak cucu kita.

    saran saya, pemerintah harus bertindak cepat………..
    kalau tidak , mungkin bumi akan hancur “tidak ada penghuninya”………..ok

  33. sekarang gimana cara konkritnya kita buat mengurangi global warming ini???

    sepertinya semua manusia didunia kurang bersyukur ya…
    kita di kasih tempat tinggal sama allah, tapi kita juga yang ngerusakin…

    kalo udah mendunia gini,, kayaknya perubahan sikap satu, dua orang rakyat biasa gak akan ngaruh… ini udah harus ditangani sama orang yang punya kekuasaan dan yang palinh penting lagi…

    punya hati nurani dan kesadaran…

  34. Sebuah ramalan mengatakan bahwa berakhirnya kehidupan manusia disebabkan oleh pemanasan global yang nota benenya disebabakan oleh manusia sendiri.
    Terutama dibagian barat. Dan kita harus ertindak tegas akan hal itu, kita harus bertindak dengan cara menggalakkan kembali penanaman dan penyadaran seluruh manusia. Karena itu semua tergantung pada usaha dan doa kita.
    Indonesia terkenal dengan hutannya yang lebat, bahkan digelari sebagai “PERMATA JAMRUD HIJAU”. Mari kita realisasikan kembal gelar tersebut.

  35. bagiamana ya buat mencegah global worming
    hutan2 yang da di indonesia banyak y6 tebang2gin cuy

    w menghimbau tuk kalian semua tuk sanyangin bumi ni tuk nak dan cucu kita din masa depan plaesa jangan lagi-lagi hancur kan bumi tercinta kita

  36. gLobaL wArming??
    gLobaL waRmiNg tu sBeneRnya tRjd sBgiaN bSar cZ uLh qT sNdiri…
    qT cMpakan aLam,, qT ruSak aLam,,
    yHw kLo aD pManasan gLobaL rSain ae,, soaLnya tu kaN juGa akibaT dR pRbuaTan qT yG sMena-meNa ma aLam..
    tW g,, seAndainya kLo qT dPat bRsHabat dG aLam,, mNjaGa aLam,, mGasihi aLam,, pSti aLam juGa aKn mGasihi qT..
    bNcana2 mGkin jRg trJd..
    kLo msL bxk bNcana aLam,, coba cp yG ruGi??
    oLh cz iTu mRiLah qT sLmtkn bumi qT,, n sMuaNya dRi gLobaL wArming,, deNgan mLakuKan pNcegahannya. aJak yG dSkLiliNgmu u/. iKt mNcegah gLobaL wArmiNg.
    Lkuin haL – haL yG pLg gMpg aJa.. daRi :
    1. nYaLain Lmpu sPrLunya aJa.
    2. buAng sMph dTmptnya.
    3. jGn mMakai pWangi yG sMprotan.
    4. mMbiasakan suka mNanam tuMbuHan.
    5. cNtaiLah aLam.
    6. dLL
    tu sMw mmG sDerhNa sBnrnya kLo qT nGlakuinnya dG sPnuh hTi n kSadaran yG tNggi,, tP coba kLo sMw yG aD dNia mLakukan ini?? wAhh,,, pStinya sMw aKn Jwh tRasa bRmaNfaat buAD bMi qT.
    Kdg,, aQ jg nGrasa sBeL aMa oRg yG sMena – meNa ma aLam,, nGrusak aLam.

    oK,, buaD tMend2 yG puNya pNgetahuan2 conTohnya tTg “gLobaL wArming”,, kRimin ae info kLyn di emaiL q
    “khariyshma_beph320ae@rocketmail.com”.
    oz aq btuh info dari kLyn buad pMbelajaran,,
    key

  37. menurut penelitian oleh ilmuwan di amerika, sekitar 80% penyumbang panas bumi adalah peternakan. mengapa? karena hwan-hewan yang disembelih (dalam jumlah yang besar) dan dagingnya yang tidak langsung diolah mengeluarkan gas metana. Di australia ada sekitar 36000 hektar tanah digunakan sebagai peternakan sapi. Apakah ada yang tahu bahwa banyak terumbu karang yang mati,dan akhirnya menjadi fosil? Terumbu karang yang mati itu juga mengeluarkan gas metana secara terus menerus. Semua itu dikarenakan suhu bumi meningkat dan kehidupan di laut pun berkurang. Maka dengan suhu bumi naik, es mencair, bumi mendapat tekanan yang kuat oleh air laut, dan terjadilah yang dinamakan gempa bumi. Kesimpulahnya adalah semua bencana alam itu merupakan hasil karya manusia sendiri. Cara mudah adalah kurangilah mengkonsumsi daging agar tidak banyak binatang dibunuh dalam jumlah yang besar. (telah diseminarka di Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

  38. o iya, Hasil penelitian juga mengatakan es di bumi akan habis pada tahun 2012 dan puncaknya pada tahun 2013 awal. Dan permukaan air laut naik hingga 70 meter. udara penuh terisi dengan gas metana. Gas metana mengikat oksigen lebih kuat daripada CO2. Maka Pertimbangkan apa yang sudah di teliti. Umat manusia telah diperigatkan akan hal ini.

    SALAM.

    MARI KITA SELAMATKAN BUMI KITA.

  39. Ada yang bilang pemanasan global itu hanya khayalan para pecinta lingkungan. Ada yang bilang itu sudah takdir. Ilmuwan juga masih pro dan kontra soal itu. Yang pasti, fenomena alam itu bisa dirasakan dalam 10 kejadian berikut ini. Dan yang pasti ini bukan imajinasi belaka, sebab kita sudah mengalaminya.

    • Kebakaran hutan besar-besaran
    Bukan hanya di Indonesia, sejumlah hutan di Amerika Serikat juga ikut terbakar ludes. Dalam beberapa dekade ini, kebakaran hutan meluluhlantakan lebih banyak area dalam tempo yang lebih lama juga. Ilmuwan mengaitkan kebakaran yang merajalela ini dengan temperatur yang kian panas dan salju yang meleleh lebih cepat. Musim semi datang lebih awal sehingga salju meleleh lebih awal juga. Area hutan lebih kering dari biasanya dan lebih mudah terbakar.
    • Situs purbakala cepat rusak
    Akibat alam yang tak bersahabat, sejumlah kuil, situs bersejarah, candi dan artefak lain lebih cepat rusak dibandingkan beberapa waktu silam. banjir, suhu yang ekstrim dan pasang laut menyebabkan itu semua. Situs bersejarah berusia 600 tahun di Thailand, Sukhotai, sudah rusak akibat banjir besar belum lama ini.
    • Ketinggian gunung berkurang
    Tanpa disadari banyak orang, pegunungan Alpen mengalami penyusutan ketinggian. Ini diakibatkan melelehnya es di puncaknya. Selama ratusan tahun, bobot lapisan es telah mendorong permukaan bumi akibat tekanannya. Saat lapisan es meleleh, bobot ini terangkat dan permukaan perlahan terangkat kembali.
    • Satelit bergerak lebih cepat
    Emisi karbon dioksida membuat planet lebih cepat panas, bahkan berimbas ke ruang angkasa. Udara di bagian terluat atmosfer sangat tipis, tapi dengan jumah karbondioksida yang bertambah, maka molekul di atmosfer bagian atas menyatu lebih lambat dan cenderung memancarkan energi, dan mendinginkan udara sekitarnya. Makin banyak karbondioksida di atas sana, maka atmosfer menciptakan lebih banyak dorongan, dan satelit bergerak lebih cepat.
    • Hanya yang Terkuat yang Bertahan
    Akibat musim yang kian tak menentu, maka hanya mahluk hidup yang kuatlah yang bisa bertahan hidup. Misalnya, tanaman berbunga lebih cepat tahun ini, maka migrasi sejumlah hewan lebih cepat terjadi. Mereka yang bergerak lambat akan kehilangan makanan, sementar mereka yang lebih tangkas, bisa bertahan hidup. Hal serupa berlaku bagi semua mahluk hidup termasuk manusia.
    • Pelelehan Besar-besaran
    Bukan hanya temperatur planet yang memicu pelelehan gununges, tapi juga semua lapisan tanah yang selama ini membeku. Pelelehan ini memicu dasar tanah mengkerut tak menentu sehingga menimbulkan lubang-lubang dan merusak struktur seperti jalur kereta api, jalan raya, dan rumah-rumah. Imbas dari ketidakstabilan ini pada dataran tinggi seperti pegunungan bahkan bisa menyebabkan keruntuhan batuan.
    • Keganjilan di Daerah Kutub
    Hilangnya 125 danau di Kutub Utara beberapa dekade silam memunculkan ide bahwa pemanasan global terjadi lebih “heboh” di daerah kutub. Riset di sekitar sumber airyang hilang tersebut memperlihatkan kemungkinan mencairnya bagian beku dasar bumi.
    • Mekarnya Tumbuhan di Kutub Utara
    Saat pelelehan Kutub Utara memicu problem pada tanaman danhewan di dataran yang lebih rendah, tercipta pula situasi yang sama dengan saatmatahari terbenam pada biota Kutub Utara. Tanaman di situ yang dulu terperangkap dalam es kini tidak lagi dan mulai tumbuh. Ilmuwan menemukan terjadinya peningkatan pembentukan fotosintesis di sejumlah tanah sekitar dibanding dengan tanah di era purba.
    • Habitat Makhluk Hidup Pindah ke Dataran Lebih Tinggi
    Sejak awal dekade 1900-an, manusia harus mendaki lebihtinggi demi menemukan tupai, berang-berang atau tikus hutan. Ilmuwan menemukan bahwa hewan-hewan ini telah pindah ke dataran lebih tinggi akibat pemanasan global. Perpindahan habitat ini mengancam habitat beruang kutub juga, sebab es tempat dimana mereka tinggal juga mencair.
    • Peningkatan Kasus Alergi
    Sering mengalami serangan bersin-bersin dan gatal di matasaat musim semi, maka salahkanlah pemanasan global. Beberapa dekade terakhir kasus alergi dan asma di kalangan orang Amerika alami peningkatan. Pola hidupdan polusi dianggap pemicunya. Studi para ilmuwan memperlihatkan bahwa tingginya level karbondioksida dan temperatur belakangan inilah pemicunya. Kondisi tersebut juga membuat tanaman mekar lebih awal dan memproduksi lebih banyak serbuk sari.

    1. gillla panjang nya buk”bagi” tmpat dnkz yang lebih longgar …

      hehehe …
      jand tersungging eea,eea,,eea

      malah rak njoged ieq

      MERDEKA !!!!!!! ..>>>……>>>.

      horrai >>>>,,,,,…
      chayooo …..
      planet q yang tercinta ….

      untuk kita semua kami menyayangimu ….
      ilove BUMI >>>>…
      kami semua meminta ma’af kepada mu karena kami telah membuat beban mu semakin menggila ma’af kan kami BUMI q yang tercinta kami akan selalu mengingat jasa mu sampai ajal menjemput
      I LOVE YOU BUMU
      I LOVE YOU BUMI
      I LOVE YOU BUMI
      Jasamu akan selalu terkenang di hati kita semua

      benar tidak ????
      ;-(

  40. namun, kurang tegasnya pemerintah dalam meminimalisir dampak GLOBAL WARMING juga berpengaruh. bukunkah klalo kita mo menjaga bumi kita ini kita juga harus memulainya dari hal yang kecil ,dulu?

  41. Global warming memang ngak bisa dicegah, tapi kan masih bisa memperlamban terjadinya GLOBAL WARMING. Yang pasti SAVE OUR EARTH. Jangan lupa loh “Untuk Masa Depan Kita” Be Vegan.

    Sekedar Info : Firmansyah11.wordpress.com
    Firmansyah11.co.cc

  42. wahhhh ??????

    horrrai ……
    sekarang manusia uda senang kan melihat semua yang udah terlanjur tidak bsa dipublikasikan dangan cepatt !!!!

    nyawa triliunan juta masyarakat atau nyawa bisa melyang jika bumi semakin panas

    berarti marah ya bumi nya ???

    hehehe….. ;-(

    1. akan ku jaga bumi kita
      jangan biarkan pemanasan global terus meluas kebumi kita
      terima kasih sebelum dan seterusnya

  43. wwaaalllaahhh……………………………………………………………
    lidungilah bmi kta……………………………………..
    okey………

  44. sudah saatnya kita semua memulai dari diri sendiri aja untuk menyelamatkan dunia ini dari bencana, kerena ini akan kita wariskan untuk anak cucu.
    ayo mulai dari sekarang ya, yang ga mau ga usah dipaksa, lama2 juga sadar sendiri
    pertama pisahkan sampah oragnik-non organik
    tanam pohon/ pokoknya tanaman dirumah masing2, ga usah deh dikeramik semua malah tambah panas.
    hemat listrik kan bayarannya jadi hemat juga
    kalau bisa ajak tetangga melakukan hal yang sama, nanti yang lain pada ikut juga kok
    ini namanya berfikir lokal tapi bertindak untuk global,
    setujuuuuuuuuu????????? jangan lupa ya!!!!!!!!

  45. ayo sobat slamatkan bumi qt….
    tux anak cucu qt,,,,,
    mungkin qt pelu buat komunitas gt X y,,,
    wat rencanain aksi2 apa yg pelu qt lakukan tux slamatkan bumi…
    hiduplah berjuang meski penuh darah,,,,
    sobat jangan kau menyerah tuk slamatkan dunia,,,,
    salam bumi,,,,,,
    pasti lertari…..
    wigy,,,,,fkt ugm 09

  46. katanya masyarakat AS mulai meragukan isu pamanasan global, katanya terlalu dibesar2kan. namun terlepas dari benar atau tidaknya, kita tetap harus menjaga dan melestarikan alam ini

  47. Emang harus kembali pada kite2 juga sih,,masalahnya wahai para penguasa jangan ngurusin diri ente2 aja,. awali perbuatan yang lebih jauh tentang kelestarian alam dan lingkungan agar kehidupan generasi yang akan datang tdk kebakar,kasian tuh anak cucu kite ntar kebakar panas bumi ini akibat kurang peduli lingkungan,,sungai2,bahkan lautanpun udan tercemar palagi yg berhubngan dengan panas bumi,apa kite2 cuma bisa bicara aje,..mari kite mulai,..mulai,..mulai,..stop global warming.

  48. horeeee!! bumi bakal meledak!! hihihi… (just kidding)
    sebelum tenggelam bumi akan meledak! sejak tahun 2007 ilmuan telah menemukan gelembung2 gas metan di hampir seluruh antartika. gelebung gas metan tersebut keluar akibat dari mencairnya es. karna sebelumnya gas metan tersebut terperangkap dikerak bumi yang diselimuti es. kini es telah mencair, dan jumlah gas metan yang terlepas ke atmosfir bumi sungguh sangat menghawatirkan. bahkan para imuwan berpendapat bahwa sumbangan rusaknya ojon dari karbondioksida industri dan emisi gas buang kendaraan sangat kecil sekali. dibadingan dengan gas metan yang terlepas di antartika dan sekitarnya.jika bumi memanas 1 – 2 drajat saja BUUUUM! bumi akan meledak!! bola api besar akan berputar putar diatas angkasa bumi! dan itu pernah terjadi. beberapa ilmuwanberpendapat itu merupakan siklus. baca deh di http://www.pemanasanglobal.net di tajuk saving teh world.. okeh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s