Pria lebih pencemburu dibanding Wanita

Dahulu sewaktu saya masih twenty five old years, saya jalan-jalan sama pacar ke salah satu tempat rekreasi di Bogor, tiba-tiba pacar saya itu bertemu dengan ex pacarnya. Kemudian ex pacarnya mengajak dia ngobrol, mungkin karena asik atau gimana eh…ngobrolnya jadi lama…buanget, wah perasaan saya jadi nggak karuan, sepertinya semua darah menuju ke kepala, mau dibilang jelous alias cemburu ya..emang, tapi kalau saya kelihatan nggak sabar , nanti malah kelihatan banget cemburunya, kan malah nggak enak?. Jadi saya juga ikut ketawa ketiwi , walaupun kadang nggak ngerti apa yang mereka bicarakan. Apasih yang menyebabkan saya cemburu, apa benar karena sayang dan cinta sama pasangan saya atau karena”boneka barbie” saya sedang di lirik orang lain?. Sebenarnya siapa yang lebih cemburu, pria atau wanita?, menurut Prof. Bram Buunk bukan cinta yang mendasari kecemburuan demikian ditulisnya dalam bukunya yang berjudul “mengenal Kecemburuan”. Lalu apa dong yang menyebabkan kecemburuan antar pria dan wanita itu.
Menurut Prof. Bram Buunk dalam wawancara dengan Radio Nederland

 

  • Pria biasanya langsung keberatan bila pasangannya atau istrinya berhubungan seks dengan pria lain , tetapi sebaliknya bila wanita atau istri diajukan pertanyaan sama, jawaban mereka adalah, “Apakah kamu mencintainya, atau apakah kamu jatuh cinta dengan dia?”. Hal ini menjelaskan hubungan seks penting bagi pria, ketimbang wanita. Bagi Pria bahkan cukup penting sampai bisa jadi alasan perceraian. Pria lebih sulit memaafkan bila istrinya berhubungan seks dengan pria lain. Wanita tidak suka, tapi lebih mudah memaafkan, dan itu bukan alasan untuk cerai. Kecemburuan berhubungan pula dengan penampilan fisik dan tinggi badan.
  • Dalam sebuah percobaan: secara sepintas lalu dan hanya beberapa detik saja sekelompok pria melihat gambar pria tinggi berdada bidang, gagah. Kelompok lain melihat gambar pria kecil dan kerempeng. Pada kedua kelompok pria itu ditanya: “Bila istri anda berkenalan, bercumbu rayu dengan pria lain di sebuah pesta, anda cemburu tidak?” Mereka yang melihat pria gagah lebih cemburu daripada mereka yang melihat gambar pria ceking.
  • Ada dugaan dengan latar belakang evolusi: kecemburuan pria adalah gejala lebih tua dari kecemburuan wanita. Dasar dugaan itu adalah kontinuitas antara kecemburuan pria dengan kecemburuan pada chimpanse misalnya. Gejala seputar cemburu antara chimpanse dan pria serupa. Kekuatan fisik penting, mereka memperebutkan betina, melindungi betina setelah hubungan seks, sama dengan kecemburuan manusia.

Kalau kita simak analisanya Prof. Buunk nampaknya sifat saya waktu itu mendekati sifat simpanse (sekarang sudah mendekati sifat gorilla…). Apakah anda punya pengalaman tentang cemburu, silahkan berbagi.

Iklan

3 pemikiran pada “Pria lebih pencemburu dibanding Wanita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s