Banjir dan Tanah Longsor akibatkan 120 orang meninggal atau hilang

Diperkirakan 120 orang meninggal atau hilang akibat bencana BATAL (banjir dan tanah longsor) demikian yang kami kutip dari VOA News, Presiden SBY menyerukan pengelolaan hutan yang lebih baik diseluruh negara untuk mencegah tanah longsor pada masa datang.

Sebenarnya seruan SBY tentang hal ini bukan kali ini saja, hampir setiap ada peristiwa BATAL, pernyataan ini terlontar. Namun wal hasil setiap tahun juga bencana semakin parah. Seruan SBY ini semestinya diolah sedemikian rupa oleh instansi yang berwenang seperti Dinas Kehutanan, Dinas PU, Dinas Kimpraswil, Dinas Perhubungan sehingga peristiwa BATAL dapat di eliminir. Dinas tersebut tentu punya catatan dan daftar wilayah rawan banjir dan longsor, sepatutnya sebagai aparat yang “professional” harus mampu merumuskan suatu strategi untuk mengurangi resiko terjadinya BATAL tersebut. Karena seruan tanpa ada tindak lanjut yang memadai oleh para pejabat dan instansi terkait dibawahnya, akhirnya tinggal menjadi “seruan”.
Saya pribadi respek dengan SBY yang terjun langsung melihat bencana-bencana yang terjadi dan melihat kesengsaraan para pengungsi. Saya yakin dengan semakin seringnya SBY melihat bencana yang terjadi, maka feeling SBY tentang apa penyebab yang sebenarnya dari bencana tersebut juga akan semakin tajam. SBY tentu akan tahu mana laporan yang ABS dengan angka-angka yang diterimanya dari lokasi dan mana laporan yang riil. Karena BATAL sudah terjadi maka yang paling penting adalah mengatasi masalah pengungsi dan pencarian korban serta rehabilitasi lokasi yang terkena dampak banjir.
Tahun depan semoga jangan lagi terdengar BATAL akibat hutan rusak, kalau seruan SBY tentang ini masih terdengar juga dilokasi yang sama tahun depan, berarti mereka yang mendengar seruan perlu mengoreksi diri atau bisa juga yang menyeru perlu lebih tegas daripada sekedar menyeru, karena ini menyangkut nyawa dan harta benda rakyat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s