BLOGGER ASTUTI (ASli TUkang TIpu)

Maaf , ASTUTI dalam artikel ini bukanlah nama seseorang namun hanya sebuah singkatan.

Ketika dikonfirmasi, Roy dengan tegas menyatakan bahwa dirinya tidak pernah punya blog. “Tidak, saya tidak pernah nge-blog dan tidak pernah punya blog karena blog sifatnya hanya tren sesaat,” tegas Roy saat berbincang dengan detikINET via telepon, Selasa (26/2/2008).Soal nama ‘Roy Suryo’ dicatut beberapa blogger, Roy mengaku tidak mempermasalahkannya. “Anggap saja blog seperti orang membuang sampah. Saya capek melayani orang kayak gitu. Itulah yang tidak saya sukai dari blog. Blog tidak bertanggung jawab, bahkan blogger itu tukang tipu,” tandasnya.Tukang tipu? Roy mengklaim banyak blogger yang memajang informasi fiktif dan bohong-bohongan, seperti halnya kasus blogger Solo yang meninggal dunia setelah mem-posting mimpinya di blog. Menurut Roy blog tidak bisa dipercaya 100 persen. Roy menyarankan lebih baik jangan mempercayai blog karena saat ini banyak sekali orang yang membuat blog dengan menggunakan nama-nama palsu. Hal ini menunjukkan kredibilitas blog sulit dipercaya.

Roy juga menyayangkan karena masih ada blogger yang memperburuk citra blog. Padahal perkembangan blog di Indonesia semakin pesat dan mulai mendapat kepercayaan publik, dari yang dulunya salah kaprah karena blog dianggap seperti buku harian, kini isinya sudah memajang informasi yang bermanfaat bagi publik.

Pernyataan Roy Suryo bahwa “blogger itu tukang tipu” diatas di rilis oleh DETIKNET (26/2). Benarkah demikian, kalau menurut pendapat saya 50% benar dan 50% salah. Karena Roy Suryo tidak menyampaikan data yang akurat tentang hal tersebut hanya satu sample dari kasus blogger Solo, lalu jumlah blogger yang kredibel tidak dikemukakan oleh beliau, namun sikap Roy Suryo hendaknya dapat kita baca sebagai kritik yang membangun. Kalau para blogger adalah tukang tipu seperti dikatakan Roy Suryo , kan nggak semuanya?, mungkin sebagian besar atau sebagian kecil. Dalam dunia blogosphere Indonesia banyak blogger yang cukup dikenal kredibilitasnya dan identitasnya seperti Wimar Witoelar, Yusril Ihza Mahendra, Juwono Sudarsono, Tika, Anjar Priyandono, Dian Sastro, Budi Rahardjo, Priyadi, Fatih Syuhud, Mas Rovicky, Pandapotan MT. Siallagan, dan tentu saja masih banyak blogger kredibel yang lain yang tak dapat saya sebutkan satu-persatu karena begitu banyaknya. Menurut penerawangan saya, ada lebih dari 50.000 blogger yang kredibel di Indonesia. Kalau blog saya ini yah….separuh ngaco separohnya lagi ngaco banget, bener nggak pengunjung?.

Seperti kata pepatah campuran ngaco berikut ini,

Tak kenal maka tak sayang dan karena noda setitik rusak susu sebelanga maka jika anjing menggonggong kafilah tetap berlalu bersama angin menuai badai

Arti pepatah tersebut kurang lebih demikian,

“Jika Roy Suryo belum pernah ngeblog bagaimana bisa merasakan atmosfernya?, dan beliau tidak harus memvonis bahwa blogger penipu karena segelintir oknum diantara jutaan blogger lainnya maka jika demikian lupakan saja komentar beliau atau silahkan anda melakukan self defense terhadap pernyataan tersebut diatas pada kolom komentar”

Mungkin lho….ada blogger yang berpendapat, “peduli amat emangnya guwe pikiran ape kata Roy Suryo, amat aja nggak mikirin Roy Suryo.”

Iklan

20 pemikiran pada “BLOGGER ASTUTI (ASli TUkang TIpu)

  1. seperti halnya orang ngeblog, orang komentar tentang blog juga bebas-bebas saja, lha wong gak ada hukum dan aturannya.

    blog adalah sebuah tempat tanpa aturan, boleh bohong, boleh melanggar hukum, boleh iseng, boleh mengumpat, boleh menyanjung, dan boleh berbuat apapun.

    jadi kalau gak mau terganggu ya jangan ngeblog, kalau mau iseng silakan, mau cari kenalan silakan, mau mengumpat orang, sebaiknya jangan deh… salam damai aja…

    ::aturannya ada tapi tidak tertulis yang tahu ya yang sudah merasakan atmosfer blogosphere
    –salam damai juga Mas–

  2. Roy Suryo itu siapa sih? suruh ngeblog aja dulu dia bang… biar tahu rasanya diusir, rasanya dikritik, dan rasanya disayang. Blog itu rasanya nano2 ๐Ÿ™‚

    -Ade-

    ::Udah Saya sumpahin si Roy bakal Ngeblog Tahun ini…..

  3. Oh Astuti … kaya judul lagi jaman Ade kecil dulu tuh bang.

    *ditendang yg punya rumah nih Ade* disini musti comment serius ya bang?

    -Ade-

    :::disini Ade dan rekan laennya bisa komen apa saja nggak serius juga gak papa……bahkan kritik juga saya terima dengan catatan kritik yang pedaz ya ….

  4. aya-aya wae …

    coba itu roy suryo suruh baca blog daeng limpo! ketipu gak dia?! :mrgreen:


    ::kalau baca blog saya pasti ketipu…..cuman Roy nggak mau…baca, beliau sedang sibuk menganalisa foto Tamara Blezinsky apa asli apa palsu..wakakakak

  5. Roy menyarankan lebih baik jangan mempercayai blog karena saat ini banyak sekali orang yang membuat blog dengan menggunakan nama-nama palsu. Hal ini menunjukkan kredibilitas blog sulit dipercaya.

    Kenapa kalau nama palsu ? N. Driyarkara ketika menulis pernah juga memakai nama samaran. Dan banyak penulis-penulis lain yang suka memakai nama palsu, dengan alasan supaya tulisannya tidak dikaitkan dengan siapa yang menulis.

    Kredibilitas tidak selalu berhubungan dengan anonimitas. Itu sangat jauh, sejauh Jakarta-London. ๐Ÿ™‚

    jadi ingat salah satu contoh logical fallacy :

    If Aristotle said it was so, it is so.

    dan bisa diganti jadi :

    If Roy Suryo said it was so, it is so.

    Aha, Verecundiam. Tanpa kritik sama sekali, alias manut dan nurut serta manggut-manggut karena yang ngomong itu orang terkenal dan sudah selayaknya diterima dengan bulet-bulet.

    Kalau gini, kita kapan majunya ? ๐Ÿ˜•

    ::Sebaiknya jangan ditelan mas…..diemut saja..hahahahah..

  6. sorry, tambahan lagi mas ๐Ÿ™‚

    Kalau dilihat dari paragraf terakhir dan paragraf sebelumnya artikel tentang Roy Suryo itu, kok kelihatan kontradiktif ya ? Ketahuan siapa yang “tukang tipu” karena memberikan komentar yang kontradiktif.

    Atau ini contoh kesalahan logika yang lain ? ๐Ÿ˜‰

    ::inilah dunia selebriti….kita sering kontradiksi untungnya bukan kontra indikasi atau kontra revolusi…?

  7. tukang tipu juga manusia … eh…salah en nggak nyambung ya..huahahaha

    ::yah…urusan tipu menipu sudah ada sejak mas Roy belum lahir kedunia, kalau mas Roy mengatakan Bloggers semua “buaya”, ada benarnya kale…?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s