Engkau dan Namamu

bila kutuliskan engkau
pada bait-bait puisiku
tak berarti aku mengingatmu
juga tak berarti apa-apa
engkau hanyalah kilatan masa
yang terekam dalam pigura
begitu banyak pigura
dan gambarmu ada disana
juga namamu
hanya aku lupa pernah mengingatmu
kucoba telusuri labirin ingatanku
memang tak ada ingatan itu
tetapi mengapa kutuliskan engkau
dalam bait-bait puisiku
juga namamu…?

(DG.LIMPO, Pekanbaru 2009)

Iklan

TERHENTI DISINI

TERHENTI DISINI
Diceriterakan kembali oleh DG.LIMPO
***************************
Wajahnya betul-betul mirip denganmu, hanya dia lebih tinggi sedikit. Gadis itu mengingatkan aku tentang kisah-kisah panjang perjalanan cinta yang kulalui dan akhirnya berakhir pahit. Memang keinginan tak selalu tercapai, tetapi inilah hidup yang nyata. Tak semua keinginan akan terlaksana, setidaknya aku dulu sudah berusaha mendapatkan cintanya. Walaupun akhirnya ia memilih lelaki lain sebagai pendamping hidupnya.

Aku juga telah memiliki pendamping hidup yang aku cintai, kusadari akhirnya bahwa masa lalu hanya untuk dikenang. Tetapi apa yang kujalani saat ini adalah karunia Tuhan yang tak dapat kupungkiri, memang inilah jodohku. Tak pernah terbayangkan akan bertemu cintaku dan menikah di sini, ketika kecil tak pernah terbersit dalam mimpiku akan berada di pulau ini. Memang hidup penuh misteri, dan misteri akan selalu ada dalam hidup dan kehidupan manusia.

Mata Air

Perjalanan hidup manusia ibarat sebuah mata air yang bening yang berada dipuncak gunung, setiap orang yang menemukannya merasa nyaman dan dapat langsung mereguk airnya. Tidak ada keraguan sedikitpun tentang air yang bersumber dari mata air itu. Perlahan mata air itu menjauh mengikuti alur alirannya menjadi sebuah sungai menuju ke bawah gunung, sepanjang perjalanannya ia membawa berbagai macam kotoran organik. Semakin jauh perjalanan aliran sungai itu maka akan semakin kotor, selanjutnya air sungai tersebut mengalir masuk ke kebun jeruk sehingga airnya masam, masuk ke kebun tebu sehingga airnya manis, masuk ke kebun cabe sehingga airnya pedas dan akhirnya menuju samudra luas. Samudera luas mengubah semua air yang masuk kedalamnya menjadi asin.

Demikianlah perjalanan manusia, ketika lahir dalam keadaan fitrah. Dalam perjalanannya akhirnya memuat dosa-dosa baik kecil maupun besar, sehingga sesuai kodratnya yang fitrah manusia akan selalu mencari “diri” nya yang sesungguhnya. Karena dengan mengenali “diri” nya yang sesungguhnya berarti manusia akan dapat mengerti makna dan hakekat mengapa ia harus hadir dimuka bumi ini. Apakah sekedar hadir didunia tanpa memberi arti dan kesan ?, ataukah makna kehadirannya karena ada sesuatu yang “seharusnya” ia lakukan untuk kemaslahatan bagi dirinya, manusia lainnya, lingkungannya? silahkan anda jawab sendiri.

Percayalah, saya dan anda bukan sekedar kebetulan terpilih sebagai manusia yang terlahir ke dunia tetapi saya dan anda pasti punya “tugas” yang menanti untuk dikerjakan sebelum waktu yang tersedia habis. Silahkan anda cari tugas apa itu, saya sendiri sudah menemukannya.

Salam

DONGENG KITA dan ALAM

Kutemukan “kataku” diantara kepakan SAYAP

Dongeng Kita dan Alam
Oleh : DG. LIMPO

seorang laki-laki setengah baya
yang wajahnya teduh penuh kasih
berbicara kepada angin
berbicara kepada laut
berbicara kepada gunung-gunung
berbicara kepada hutan-hutan
berbicara kepada binatang dan satwa
berbicara kepada sungai sungai
berbicara kepada hujan
berbicara dengan hatinya

seorang laki-laki lainnya
yang wajahnya penuh gurat nafsu
diam kepada angin
diam kepada laut
diam kepada gunung-gunung
diam kepada hutan-hutan
diam kepada binatang dan satwa
diam kepada sungai sungai
diam kepada hujan
diam dengan hatinya

seorang laki-laki setangah baya lainnya
melihat kehidupan mereka berdua
laki-laki setengah baya
yang berbicara dengan sekelilingnya
hidup dipuncak bukit
dibawahnya mengalir sungai-sungai
mengambil buah-buahan yang segar dan ranum
ditemani harimau dan satwa liar bercanda
dibelai angin yang bertiup semilir
disiram hujan yang menyegarkan alam
dia menikmati surga duniawi
dia yang merawat alam sekitarnya
maka alampun merawatnya

laki-laki setengah baya
yang diam tehadap sekelilingnya
hidup dipuncak bukit yang tandus
semua pohon telah ia tebang
semua satwa telah ia bunuh
angin berhembus menderu
merusak apa yang dilaluinya
hujan lebat turun menghempaskan
kemarahannya
tanah dan bebatuan tak sanggup
menahan kemarahan sang hujan
maka air mencapai puncak bukit
dan sang laki-laki itu
laki-laki yang diam terhadap alam
laki-laki yang diam terhadap hatinya
mati tenggelam karena
tak mendengar suara alam
tak mendengar suara hati

Oh Tuhan …seandainya ia tahu bahwa
hatinya dan alam dapat saling berbicara

(Pekanbaru)

Pria lebih pencemburu dibanding Wanita

Dahulu sewaktu saya masih twenty five old years, saya jalan-jalan sama pacar ke salah satu tempat rekreasi di Bogor, tiba-tiba pacar saya itu bertemu dengan ex pacarnya. Kemudian ex pacarnya mengajak dia ngobrol, mungkin karena asik atau gimana eh…ngobrolnya jadi lama…buanget, wah perasaan saya jadi nggak karuan, sepertinya semua darah menuju ke kepala, mau dibilang jelous alias cemburu ya..emang, tapi kalau saya kelihatan nggak sabar , nanti malah kelihatan banget cemburunya, kan malah nggak enak?. Jadi saya juga ikut ketawa ketiwi , walaupun kadang nggak ngerti apa yang mereka bicarakan. Apasih yang menyebabkan saya cemburu, apa benar karena sayang dan cinta sama pasangan saya atau karena”boneka barbie” saya sedang di lirik orang lain?. Sebenarnya siapa yang lebih cemburu, pria atau wanita?, menurut Prof. Bram Buunk bukan cinta yang mendasari kecemburuan demikian ditulisnya dalam bukunya yang berjudul “mengenal Kecemburuan”. Lalu apa dong yang menyebabkan kecemburuan antar pria dan wanita itu.
Menurut Prof. Bram Buunk dalam wawancara dengan Radio Nederland

 

  • Pria biasanya langsung keberatan bila pasangannya atau istrinya berhubungan seks dengan pria lain , tetapi sebaliknya bila wanita atau istri diajukan pertanyaan sama, jawaban mereka adalah, “Apakah kamu mencintainya, atau apakah kamu jatuh cinta dengan dia?”. Hal ini menjelaskan hubungan seks penting bagi pria, ketimbang wanita. Bagi Pria bahkan cukup penting sampai bisa jadi alasan perceraian. Pria lebih sulit memaafkan bila istrinya berhubungan seks dengan pria lain. Wanita tidak suka, tapi lebih mudah memaafkan, dan itu bukan alasan untuk cerai. Kecemburuan berhubungan pula dengan penampilan fisik dan tinggi badan.
  • Dalam sebuah percobaan: secara sepintas lalu dan hanya beberapa detik saja sekelompok pria melihat gambar pria tinggi berdada bidang, gagah. Kelompok lain melihat gambar pria kecil dan kerempeng. Pada kedua kelompok pria itu ditanya: “Bila istri anda berkenalan, bercumbu rayu dengan pria lain di sebuah pesta, anda cemburu tidak?” Mereka yang melihat pria gagah lebih cemburu daripada mereka yang melihat gambar pria ceking.
  • Ada dugaan dengan latar belakang evolusi: kecemburuan pria adalah gejala lebih tua dari kecemburuan wanita. Dasar dugaan itu adalah kontinuitas antara kecemburuan pria dengan kecemburuan pada chimpanse misalnya. Gejala seputar cemburu antara chimpanse dan pria serupa. Kekuatan fisik penting, mereka memperebutkan betina, melindungi betina setelah hubungan seks, sama dengan kecemburuan manusia.

Kalau kita simak analisanya Prof. Buunk nampaknya sifat saya waktu itu mendekati sifat simpanse (sekarang sudah mendekati sifat gorilla…). Apakah anda punya pengalaman tentang cemburu, silahkan berbagi.

Tawaran Dajjal via email

moleschinoorg.jpgSatu hari menjelang berbuka puasa aku sedang duduk diberanda, tiba-tiba timbul keinginanku membuka email, karena sudah seminggu ini aku tidak membukanya hitung-hitung sambil menunggu waktu berbuka. Ketika aku mulai membuka outlook ekspress dan inbox, aku melihat ada 13 email yang masuk tetapi ada satu email yang menarik perhatianku pengirimnya adalah dajjal IatI setan.com, subyeknya adalah : penawaran menjadi tim sukses. Aku membuka dan mulai membaca isinya :

Dear daeng limpo,

Salam kenal, aku dajjal, aku mengetahui alamat emailmu secara acak dari sebuah milis di yahoo. Saat ini aku sedang merekrut tim sukses untuk menggalang dukungan bagiku, menjelang pemilihan penguasa di suatu negara lima tahun lagi. Aku ingin menjadi penguasa disana, setelah aku berhasil menancapkan kuku di Sudan, Somalia, Irak, Afghanistan, Palestina, Bosnia, Chechnya, dan yang lagi anget Myanmar .

Aku tertarik menjadi penguasa di negara itu , karena nampaknya negara itu sudah tergantung banget sama aku, lagi pula ajaran dan doktrinku sudah dikenal luas disana , jadi sosialisasinya gak susah susah amat.

Sebenarnya email ini adalah salah satu caraku mencari pengikut, aku telah mengirim jutaan email kepada rakyat di negara itu, disamping negara lain tentunya. Selain via email (on-line propaganda) aku juga menyusup kedalam kehidupan mereka sehari hari (off-line propaganda) melalui doktrin dan ajaran setan yang harus aku sebar luaskan, sebagai wujud sumpahku kepada Tuhan, sebelum aku dikutuk masuk neraka wail, “bahwa aku akan menyesatkan semua manusia yang dia ciptakan” hingga tiba hari pembalasan.

Ketahuilah bahwa aku mempunyai target dalam waktu tidak lama lagi (ya….kurang lebih dua puluh tahun bahkan mungkin lima tahun saja) sembilan puluh sembilan persen rakyat di negara itu, sudah jadi pengikutku, rasanya tidak sulit bagiku menarik perhatian mereka untuk menjadi pengikutku. Strategi yang aku terapkan adalah menguasai pemimpinnya, pejabatnya, penegak hukumnya, dan para pemuka agamanya lebih dulu. Setelah itu pemilik media, blog dan web dan terakhir rakyat yang belum pernah menyentuh keyboard dan membaca satu mediapun.

Berikut ini adalah doktrin dan ajaran yang sebagian besar telah diterima dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, berdasarkan informasi pengikutku di negara tersebut.

  1. KKN kepanjangannya kau tahu sendirilah, ajaranku ini banyak dianut oleh pejabat dan pemimpin di negara itu mulai dari pusat hingga daerah, ia menyebar lebih cepat dari kecepatan suara dan menyebar lebih luas dari penyebaran virus HIV maupun flu burung. Namun lebih susah memberantasnya dari HIV atau flu burung. Tentu kamu sudah tahu kenapa?, kalau belum tahu silahkan baca buku karanganku berjudul “KKN : cara memperoleh kekayaan secara cepat”.
  2. Perahu Politik adalah ajaranku yang dianut oleh perwakilan rakyat di parlemen negara itu, sebagian dari mereka telah mengamalkan ajaranku tentang teori calo politik dan politik uang. Mereka membacanya dari buku karanganku “Teknik Mempertahankan Pekerjaan menjadi Calo Politik melalui Politik Uang” , atau bisa lihat e-booknya, nanti aku kirim via email, siapa tahu kamu tertarik menjadi anggota parlemen disana.
  3. Pengkhianatan adalah ajaranku yang telah dianut oleh sebagian pejabat dan penegak hukum dinegara itu . Aku mengajarkan kepada mereka supaya tidak perlu malu mengangkangi sumpah jabatan dan menerima suap dari para koruptor, penjahat dan perusak lingkungan. Buku panduannya aku yang menulis berjudul “Mengkhianati Tuhan sepenuh Hati” .
  4. Munafiq adalah ajaranku yang dianut oleh sebagian pejabat dan pemuka agama di negara itu, mereka hanya membicarakan kebijakan dan kebajikan, tetapi tidak memberi teladan atau contoh, sekali-sekali mereka juga berkomplot untuk kepentingan mereka pribadi. Mereka juga telah hafal dengan kitab karanganku yang berjudul “Hidup Munafiq di alam Demokrasi”.
  5. Bengis dan Kejam juga ajaranku, sebagian pemimpin dan pejabat negara itu telah menerapkannya terhadap rakyat. Rakyat disana juga telah banyak yang menganutnya, mereka tak segan-segan membakar dan memukuli pencuri ayam hingga mati, sementara pencuri yang lebih besar, bukannya mencuri untuk perut atau menyambung hidup, tetapi untuk cadangan seratus turunannya, malah dianggap sebagai dewa, mereka tidak tersentuh hukum karena mereka telah dibela oleh Tim Pembelaku yang handal dan juga para pengkhianat (menurut mereka).
  6. Seks bebas dan Mengumbar Syahwat juga ajaranku yang banyak dianut oleh sebagian rakyat di negara itu, bahkan oleh sebagian pejabatnya. Ajaranku ini beredar luas di website, televisi, dan media cetak. Mereka memajang gambar pria dan wanita tanpa busana sehelaipun, memuaskan syahwat para penikmatnya. Akibatnya di negara itu banyak pemerkosaan dan pelecehan seks oleh para pengikut setia ajaranku ini, bahkan banyak pengikutku adalah pejabat dan pemuka masyarakat yang ketangkap basah lagi indehoi. Merekapun sebenarnya telah membaca buku karanganku yang berjudul “Mengumbar Syahwat demi Kebebasan” yang juga aku lengkapi dengan gambar-gambar porno.
  7. Fitnah juga ajaranku, para pejabat dan penguasa di negara itu aku hasut untuk memfitnah rakyatnya yang sedang demonstrasi minta keadilan telah ditunggangi oleh kelompok-kelompok tertentu, sehingga mereka bebas melanggengkan kekuasaannya dengan memukuli, menembaki, menangkap dan menuduh rakyatnya yang mbalelo dengan aneka macam tuduhan palsu. Kalau mau tahu caranya coba cari buku yang aku karang berjudul “Membuat Fitnah lebih halus dari Pembunuhan”

Akhir kata, aku berharap kamu sudi menjadi tim suksesku, karir dan jabatan menanti didepan matamu. Untukmu lima tahun yang akan datang, aku siapkan jabatan sebagai Menteri Koordinator Upeti dinegara itu. Kalau mau jabatan lain, nanti kita nego dulu sama perwakilan partai, soalnya baru itu yang lowong, yang lainnya udah aku bagi-bagi.

Sampai Jumpa kawan, kamu dapat menemukan wujudku dimanapun, cobalah bercermin, aku juga sudah mulai ada didalam dirimu. Ngomong-ngomong aku belum bisa memberitahumu nama negara itu saat ini, mungkin bulan depan, aku lihat situasinya dulu, karena aku sendiri tidak yakin apakah lima tahun lagi negara itu masih ada? , jangan-jangan nanti seperti Uni Soviet yang musnah, sebelum aku sempat jadi pemimpin disana ?.

Regards,

Dajjal

Pemimpin Dunia Masa Depan

Domisili di hati manusia yang paling gelap

Tidak berapa lama, aku mendengar suara azan tanda berbuka puasa, Astaghfirullah. Kututup email itu dan kutandai sebagai spam, lalu ku shut-down komputerku. Aku segera meminum air putih untuk melepas buka puasa, didalam hati aku berharap semoga bencana yang banyak terjadi akhir-akhir ini di negaraku, bukanlah pertanda si “Dajjal” itu akan muncul disini, lima tahun yang akan datang. Di negaraku masih banyak pemimpin saleh yang bisa dijadikan panutan walaupun ia tidak pernah diliput media.

Kalaupun Dajjal itu datang, maka selamatkanlah kami Ya Tuhan, karena kami hanyalah rakyat biasa, bukanlah pengambil keputusan, kami hanya ikut andil PILKADA dan PEMILU untuk memilih pemimpin daerah dan negara serta wakil-wakil kami di parlemen lima tahun sekali?………itu saja tidak lebih, selebihnya kami diam dan mengurus diri kami masing-masing.